CARA MEMBACA TABEL T

Berbeda dengan perhitungan menggunakan software  yang memang ditujukan untuk perhitungan statistik semacam SPSS, minitab,Eviews, Ms.Excel dan software lainnya yang cukup membandingkan nilai sig dengan taraf signifikansi yang telah dipilih, untuk perhitungan secara manual peneliti harus membandingkan nilai koefisien hitung dengan nilai kritis.
sebagai contoh kita akan mencari nilai t tabel untuk kelompok sampel yang berjumlah 40 responden dengan menggunakan taraf signifikansi ∝ = 0.05 (5%) , dengan pembagian kelompok a berjumlah 21 responden dan kelompok b 21 responden. untuk tabel t dapat diperoleh pada tautan berikut . tabel t kritis (t-tabel)
"sebagai catatan, penentuan taraf signifikansi sangat dipengaruhi oleh tujuan penelitian serta fakultas yang ditempuh. untuk ilmu-ilmu eksas cenderung menggunakan signifikansi ∝ sebesar 0.01 (1%)"
untuk mencari nilai t-hitung untuk uji independent sampel t-test adalah dengan mencari nilai derajat bebas / df (degree of freedom) biasa juga disebut derajat kebebasan, nilai df  diperoleh dengan menjumlahkan semua kelompok sampel -2 (dikurangi dua). pada kasus ini terdapat dua kelompok sampel yang berjumlah 37 responden sehingga df = 37-2 diperoleh df = 35 
pada kolom tow tails  untuk signifikansi ∝ 0.05 (5%) tarik kebawah hingga ditemukan baris ke 35, seperti yang dituunjukkan pada gambar dibawah :

berdasrkanlahkan yang telah dilaksanakan di atas, dengan jumlah responden sebesar 37  responden, diperoleh df = 35, serta nilai signifikansi ∝ = 0.05 (5%) maka diperoleh nilai t-tabel = 2.0301. nilai tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai t-hitung dengan kaidah pengambilan keputusan sesuai yang telah ditentukan sebelumnya.

Komentar

Populer